Kamis, 01 Januari 2015

Sudah Berapa Lama?

Pernah enggak sih, orang-orang berpikir tentang kesendirian dirinya? Iya, maksud gue... ke-jomblo-an dirinya. Pernah enggak sih, orang-orang berpikir mereka harus berubah, atau bertanya kepada diri mereka sendiri; Sudah berapa lama gue sendiri, kenapa gue masih tetap sendiri?

Pernah enggak sih?

Atau mungkin meski berdua, tapi merasa sendiri? Pernahkah orang-orang yang berdua tapi masih tetap mereasa sendiri bertanya kepada diri mereka sendiri; Sebenarnya, gue sama dia tuh, sekarang gimana, sih? Kok gue ngerasa sepi meski ada dia?

Pernahkah orang-orang berpikir tentang kesendirian?

Akhir-akhir ini gue sering mendengar lagu Terlalu Lama Sendiri – Kunto Aji. Dan kalian tau apa? Gue merasa terganggu dengan lagu ini. Banyak pertanyaan yang muncul di kepala gue, isi kepala gue terlalu berisik, terlalu riuh kayak di pasar impres.

Ayolah, tanya diri kalian masing-masing. Jangan membohongi diri sendiri, dalam lubuk hati yang paling dalam, sebagai seorang manusia, kalian enggak pengin sendiri, kan?

***

Tentang orang yang terlalu lama sendiri.

Kesendirian adalah hal yang paling berbahaya, menurut gue. Menurut peneliti, kesendirian sama dengan merokok 15 batang rokok dalam sehari atau menjadi seorang pecandu alkohol. Kesendirian sama bahayanya dengan obesitas.

Kesendirian pasti hanya dirasakan oleh diri sendiri.

Ketika sendiri, kita enggak bisa belajar untuk dewasa. Ketika kita sendiri, kita enggak sadar akan kesendirian kita, karena kita terlalu asyik dengan dunia kita sendiri. Penyebabnya? Karena enggak ada orang lain yang menemani kita.

Ketika sendiri, kita tenggelam dalam berbagai kesibukan, tapi apa yang kita rasakan? Hampa. Terus kalau kita sendiri, ketika kita mendapat masalah atau hambatan dalam kesibukan yang kita lakukan, enggak ada orang yang bisa diajak berbagi dan mencari jalan keluar bersama. Iya, karena kita sendiri.

Ingatlah, manusia adalah makhluk sosial, manusia butuh manusia lain untuk menemani dia dalam segala hal. Jujurlah pada diri sendiri, manusia butuh teman untuk berbagi. Manusia butuh seseorang untuk tumbuh bersama-sama, manusia butuh seseorang untuk menuju dewasa bersama-sama. Manusia butuh itu semua.

"Dan kesendirianlah yang membuat seseorang lupa, bagaimana rasanya berdua untuk saling mendewasakan."

Ya.. meski terkadang berdua bisa saling membuat luka, tapi percayalah, itu membuat kita berpikir untuk mencari jalan keluar bersama (sebagai pasangan), dan akhirnya saling mendewasakan satu sama lain. Romantis, bukan?

Tapi itu juga tergantung masing-masing sih, hehe.

Ada satu lirik dari Terlalu Lama Sendiri – Kunto Aji yang membuat gue tertegun dan berpikir. Bunyi liriknya; Aku harus berusaha, tapi mulai darimana?

Dan gue akhirnya sadar, kesendirianlah yang membuat seseorang lupa bagaimana cara untuk memulai suatu hubungan. Saran gue dalam hal ini, bukalah diri. Perbanyaklah skill pendekatan sama cewek.

Misalanya: chattingan sama teman cewek, membuat kejutan-kejutan kecil baut cewek, carilah lelucon-lelucon yang bisa membuat cewek tertawa dan nyaman sama kita, atau lebih baik PDKT sekalian, deh. Itu adalah beberapa yang membuat kita terbiasa dan enggak lupa cara untuk memulai suatu hubungan.

***

Jadi, inti dari postingan ini apa? GAK ADA. Lebih tepatnya... enggak tau.
Gue hanya menuliskan kegelisahan yang akhir-akhir ini mengganggu pikiran gue. Lirik dari lagu Terlalu Lama Sendiri – Kunto Aji yang mengganggu pikiran gue akhir-akhir ini. Gue hanya ingin menuliskan kegelisahan gue.

Gue juga sedang berusaha, dan salah satu harapan gue di tahun 2015 adalah; tidak lagi sendiri. Semoga. Aamiin.


     Ini yang pengin mendengar lagunya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar