Minggu, 08 Juni 2014

Kenapa harus ada sebuah perpisahan?

Halo-halo!! udah berapa hari nih enggak nge-post? sorry ya, gue lagi sibuk-sibuknya, dan gue juga lagi berduka.. Hiks.

Hmm.. Perpisahan tahun ini, selain berpisah sama temen-temen, guru-guru dan gebetan.. gue juga berpisah sama nenek gue, dia meninggal dunia. Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Gue sedih.

Dia adalah ibu dari bapak, dia adalah sosok nenek yang paling deket sama gue. Dia baik, kecil (dulu gue lebih kecil dari pada dia) dia punya tahi lalat di atas bibir, bawah hidung. Ada sedikit bulu yang tumbuh di tahi lalatnya.

Oiya, gue adalah cucu tertua ke dua dari cucu yang dia punya. Cucu yang pertama ada di jawa, dari mantan istri uwa. Nama cucu pertama itu Dina, gue manggilnya Mba Dina. Mungkin dia udah SMA, gue enggak terlalu deket sama Mba Dina. Terakhir kali gue liat dia pas gue di sunat, itu pun pas gue masih kelas 1 SD. Mungkin cuma pengen liat titit sepupunya di sunat. Ngelantur.

Cerita sebelum dia meninggal.

Hari rabu, Sepulang sekolah, ibu gue enggak ada di rumah. Katanya dia pergi ke rumah nenek, dan gue dapet kabar nenek enggak baik-baik aja. Dia udah kejang-kejang, sekarat. Katanya nenek enggak mau di bawa ke rumah sakit. Jadi, ada di rumah. Ibu gue nyampe ke rumah sore hari, matanya lembab, kayaknya habis nangis.

“Ibu tadi mungkin ada 10 kali yasinan..” kata Ibu, berharap semoga nenek baik-baik aja,“Nanti malem Bapa pulang, kamu ke Haurkuning, sama bapa, ya..” kata dia, (Haurkuning itu nama daerah di kuningan Jabar, dan rumah nenek gue ada di sana)

Gue cuma bisa diem, teringat masalalu gue di rumah nenek

Dulu sebelum pindah ke rumah yang gue tempati sekarang, kami sekeluarga tinggal di rumah nenek. Dulu juga masih ada kakek. Dulu gue masih kecil, tinggi gue semampai (baca: semeter pun tak sampai). Dulu ada rak meja di rumah nenek, di bagian paling atas ada radio besar. Di bawahnya ada banyak toples yang berisi makanan.

Dulu gue adalah anak yang subhanallah soleh, masih umur 3 tahun udah sering dengerin sholawatan, sampe hafal. Sholawat yang sering di bawain sama Hadad Alwi sama Sulis dulu. Gue punya kasetnya, dan alhamdulillah bukan bajakan.

Di radio itu gue sering dengerin sholawat, karena tinggi gue waktu itu semampai, gue sering pake kursi sambil ngedeketin telinga gue ke speaker radio itu. Padahal suaranya udah keras. Dan kadang, gue sampe tertidur. Dasar anak kecil.

Lanjut ke cerita nenek. Hari rabu itu, lagi sibuk-sibuknya panitia kumpul. Dan lagi rame-ramenya di grup LINE, panitia yang sering kerja marah-marah sama panitia yang sering enggak dateng. Mereka malah liburan. Kampret emang. Yang lain kerja, ehh dia malah liburan. Jadi, besok semua panita harus datang pagi. Kalau gue sih, sering dateng.. tapi kerjanya yang ringan-ringan aja. Hehe,

Tapi, karena mendengar kabar nenek gue enggak baik, dan gue di suruh sama Ibu buat ke rumah nenek. Gue minta izin ke panita yang lagi marah-marah buat pergi ke rumah nenek.

“Sorry ya, kalau aku agak telat besok. Malem ini rencananya mau ke Haurkuning..”

“Aku malem ini mau ke kasur” salah satu panita,

“Aku mau ke kasur kuning” kata salah satu panitia,

“Lain heureuy kampret!” kata gue (translate: Buka becanda kampret!) “Aing serius!” (translate: Gue seirus!)

“Yang bercandanya juga aku” kata salah satu panitia,

“Nenek aing keur sakarat!” (translate: Nenek gue lagi sekarat!)

Kemudian gue enggak buka grup untuk beberapa waktu, mata gue meneteskan air mata. Gue nangis. Kenapa sih, mereka malah bercanda?! Hati gue teriak, bertanya. Gue meneteskan beberapa air mata, dan menghapusnya. Dan semesta seolah menangis, malam itu pun hujan, sesaat.

Mood gue udah hancur, kemudian gue tidur.

Sekitar sebelum subuh gue bangun, lebih tepatnya di bangunin. Bapa gue udah dateng, gue masih pake baju putih bergambar ikan dan celana training yang gue pake tidur. Gue siapin baju buat gue sekolah hari itu, baju olahraga. Iya, meskipun sekolah udah bebas, tapi rencananya panita mau pake baju olahraga.

Terdengar adzan subuh, gue sholat dulu. #cowokRohis

Gue berangkat ke rumah nenek, pas nyampe gue melihat nenek di ruang keluarga terbaring tak sadarkan diri, tak berdaya. Alhamdulillah, masih hidup. Mulutnya terbuka, nafasnya terpotong-potong dan ngorok. Suaranya terdengar kayak sapi lagi gorok, (gue tau suara itu pas idul adha). Suhu tubuhnya panas banget. Kalau bisa di bilang, mungkin nenek gue koma.

Yang gue heran kenapa di simpen di ruang keluarga gini? Kenapa engga di kamar?

“Bi, kenapa enggak di kamar?” tanya gue ke adeknya Bapa,

“Tadinya habis banyak orang yang nengok..” jawab dia,

HAH?! Cuma karena banyak orang yang nengok, jadi di pindahin keluar? Pertanyaan itu muncul di kepala gue. Tapi gue berpikir sejenak, Ohh, mungkin karena nenek panasnya tinggi.. jadi di pindahin keluar. Kalau banyak orang, nanti tambah panas udara di dalam kamar.

Ngertikan maksud gue? Lo pernah masuk ke sebuah ruangan yang banyak orang, kan? Dan itu panas dan bikin gerah. Apalagi nenek gue yang lagi panas tinggi, terus di masukin ke ruangan yang banyak orang? Pasti kesiksa.

Melihat nenek dengan keadaan kayak gini, gue sedih. Di pinggir kanan nenek, gue terdiam. Ada air mata yang memaksa keluar. Gue cuma bisa memejamkan mata sekuat-kuatnya, menahan air mata itu buat turun. Tapi, tetep ada beberapa tetes air mata yang keluar.

Dari pada gue nangis gini, mending gue mandi. Gue pergi ke kamar mandi, dan mandi di sana. Gue mandi di kamar mandi yang ada di deket kebun salak. Kakek-nenek gue petani salak, tepatnya salak pondoh. Salak manis yang enak. Dan katanya, kakek adalah petani salak pondoh pertama di kuningan. Dan pernah masuk koran Radar-Cirebon. Gue belum tau pasti sih. Itu kata ibu gue.

Kamar mandi ini terbuka, cuma ada tembok dengan tinggi satu meter, enggak ada atap. Gue jadi takut kalau ada orang yang ngintip. Ahh! Tidak! Tapi, rasa takut itu teralihkan ketika ingatan gue melayang ke masa lalu. Dulu pas gue kecil sering mandi di kamar mandi ini. Bahkan dulu, gue enggak pernah nyampe buat liat kebun salak di balik tembok ini. Tapi sekarang gue udah besar, titinya juga.

Dulu di atas tembok kamar mandi ini ada beberapa pohon stroberi milik paman. Gue sering ngambil stroberi ini secara diam-diam. Paman gue sering nanya “Ini siapa yang makan stroberi?!”. Pas paman bilang gitu, gue melengos secara diam-diam. Mungkin dia tau, tapi pura-pura enggak tau.

Gue selesai mandi, gue ganti baju pake baju olahraga. Sebelum beragkat, gue pamitan sama bapa, paman, bibi, dan.. nenek. Gue sun (baca: cium) pipi nenek gue dan bilang “Ali berangkat dulu ya nek..” bibi dan paman cuma ngeliatin gue. Gue pergi ke teras depan rumah, gue pake sepatu dan gue tiba-tiba meneteskan air mata. Kampret! Kenapa sih? Harus ngeburu-buru dateng pagi?!

Gue hapus air mata, dan gue pergi ke sekolah. Pas sampe di sekolah, gue Cuma telat dateng beberapa menit, and see?! Banyak yang ngaret. Bahkan ketua dateng sekitar jam delapan. Kampret! Kalau tau gini, gue mending ngaret datangnya dua minggu kemudian!

Hari itu yang jelas gue capek, dan harus ke rumah nenek lagi.

Sorenya gue pergi ke rumah nenek sama adek gue. Pas di jalan, ada tetangga yang nanya “Yang meninggal itu nenek?” dia nanya,

“Enggak meninggal, cuma tadi pagi keritis..” jawab gue,

“Ihh, udah meninggal..” jelegur! Adek gue bilang,

“HAH?!” tanya gue,

“Iya, tadi pagi jam delapan kurang lima menit..” anjrit! Gue jadi sedih,

Singkat cerita gue nyampe disana, dan menemukan di rumah udah enggak ada nenek yang berbaring di ruang tamu. Dia udah di kebumikan. Hati gue jadi bertanya.. kenapa sih setiap pertemuan, pasti ada perpisahan?! Kenapa sih, waktu berlalu dan terasa begitu singkat?! Kenapa ya tuhan?!

Gue jadi benci yang namanya sebuah perpisahan.

***


Segitu cerita tentang perpisahan sama nenek. Dan cerita soal perpisahan sekolah, kayaknya gue posting besok. Bocorannya, Kemeja merah jambu, bunga mawar merah, band, dan pengungkapan perasaan gue yang .............. gimana ya? ya gitu deh. Pokoknya tunggu besok. Itu pun kalau ada yang nunggu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar